Kamis , 10 April 2014

Hari ini dapat tugas baru dari pak kuindra . Buatlah artikel ttg
1. Perkembangan (positif dan negatif) selama anda mengikuti PKL
2. Dampak dr sosial media.
3. Raspberry
Nah , saya udah ngerjain artikel yang nomer 2 tentang Dampak dari sosial media.

DAMPAK DARI SOSIAL MEDIA
A.   Pengertian
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
B.    Peran Media Sosial
1.      Sebagai sarana diskusi dengan jangkauan yang luas
2.      Media untuk bertukar informasi
3.      Sebagai sarana hiburan
4.      Sebagai sarana berkomunikasi
5.      Mempererat pertemanan dengan teman satu sekolah atau teman kuliah
6.      Menjalin silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat lama
7.      Mendapat Informasi terbaru
8.      Mengisi waktu luang
9.      Menambah wawasan
10.  Tempat pembelajaran online
11.  Administrasi
12.  Mendengarkan dan belajar
13.  Membangun Hubungan
14.  Jangkauan global

C.    Macam-macam media sosial
1. Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi.
Contoh :
·         Facebook
·         myspace
·         hi5
·         Linked in
·         bebo
2. Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi.
Contoh :
·         google talk
·         yahoo! M
·         skype
·         phorum
3. Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music.
Contoh :
·         youtube
·          slideshare
·         Feedback
·          flickr
·          crowdstorm
4. Publish
Contoh :
·         wordpredss,
·         wikipedia
·          blog
·         Wikia
·         Digg

5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama.
Contoh :
·         Koongregate
·         Doof
·          Pogo
·         cafe.com
6. MMO
 Contoh :
·         kartrider
·         warcraft
·         neopets
·          conan
7. Virtual worlds
Contoh :
·         Habbo
·         Imvu
·          starday
8. Livecast
Contoh :
·         blog tv
·          justin tv
·          listream tv
·         Livecastr
9. Livestream
Contoh :
·         Socializr
·         Froendsfreed
·         socialthings!
10. Micro blog
Contoh :
·         twitter
·          plurk
·          Pownce
·         Twirxr
·         Plazes
·          Tweetpeek








D.   DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MEDIA SOSIAL

a)    Dampak positif dari sosial media adalah :

1.      Anak yang menggunakan sosial media dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan bagi anak di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradabtasi, bersosialisasi dengan publik, dan mengelola jaringan pertemanan.

2.      Memperluas jaringan pertemanan. Berkat adanya situs jejaring sosial dapat memudahkan anak untuk berteman dengan orang lain diseluruh dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah ber temu secara langsung.

3.      Anak akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.


4.      Dan situs jejering sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

b)    Dampak negatif dari sosial media:
1.      Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
2.      Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
3.      Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs   jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
4.      Situs jejaring sosial adalah lahanyang subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru kita dikenal anak kita di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.
5.      Kejahatan dunia maya (cyber crime) seiring berkembangnya teknologi , berkembang pula kejahatan didunia internet , kejahatan dikenal dengan nama cyber crime kejahatan dunia maya sangatlah beragam . Diantaranya . carding,hacking , pishing dan spamming.
6.      Membuat waktu terbuang sia-sia
7.      Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendoninasi daripada dunia nyata.
8.      Dengan menganggap kebebasan berpendapat dan berekspresi dalam Media sosial, menjadikannya media tersebut seperti privasi padahal apa yang kita informasikan bisa dilihat oleh orang lain menjamin orang-orang tersebut sebaik yang kita inginkan.
9.      Membuat prestasi pelajar semakin menurun
10.  Berkurangnya kehidupan sosial.

E.    Cara Meminimalisir dampak Negatif Penggunaan Media Sosial
Cara meminimalisir penyalahgunaan pengguna sosial media di Indonesia adalah dengan menerapkan pembatasan konten yang telah diterapkan oleh pemerintah RRC atau melakukan penyuluhan-penyuluhan di seluruh pelosok Indonesia tentang Internet, sosial media dan pengaruhnya atau dengan melakukan pengawasan terhadap para remaja atau anak-anak oleh orang-orang terdekat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar